Publikasi

Hari Jadi Teknik Industri ke-25
29 Nov 2017

Menginjak usia ke-25 tahun, Program Studi (prodi) Teknik Industri Universitas Kristen Petra (UK Petra) terus bertumbuh dan berkembang memberikan kualitas terbaik bagi mahasiswa dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 6 Mei 2017 silam. Di tahun 2017, Prodi Teknik Industri Universitas Kristen Petra (UK Petra) tepat merayakan ulang tahun perak. Dies Natalis Teknik Industri XXV mengangkat tema “Divergent” yang merupakan singkatan dari “Dies Natalis Silver Generation”. Mengangkat konsep fun, Prodi Teknik Industri UK Petra mengangkat konsep Glow Run, yakni berolahraga lari dan bersenang-senang bersama untuk menciptakan rasa kekeluargaan.

Anda dapat membaca lebih lanjut dengan klik di sini.

Baca lebih lanjut>
Memperkenalkan Industri dan ASEAN
07 Nov 2016

Pada tanggal 3 s/d 5 November 2016 Prodi Teknik Industri UK Petra mengadakan rangkaian acara Industrial Competition. Industrial Competition adalah kegiatan yang dilaksanakan satu kali setiap tahunnya, pada tahun ini temanya  adalah “I Sean”. I Sean adalah gabungan dari Industri dan ASEAN. Pemilihan tema ini ditujukan untuk mengajak siswa-siswa tingkat SMA untuk lebih mengenal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan juga industri. Acara ini dilaksanakan di Kampus UK Petra dan Mall Ciputra World. Rangkaian acara ini terdiri dari 3 babak: penyisihan, semifinal dan final.

 

Anda dapat baca lebih lanjut disini.

Baca lebih lanjut>
Experience Sharing: A Road to Future Leaders
09 Nov 2017

Pada tanggal 3 November 2017, Program Studi Teknik Industri UK Petra merasakan kebanggaan ini ketika salah seorang alumnus berprestasi, Mimi Kurniawan, S.T.,  berkunjung kembali ke almamater untuk membagikan pengalamannya menapaki karir yang sukses dalam acara bertajuk “A Road to Future Leader”. Dalam acara ini, Mimi menceritakan pengalamannya sejak kelulusan dan memegang gelar Sarjana Teknik di tahun 1996 sampai dengan saat ini mendapatkan promosi menjadi Vice President of Operations Phillip Morris International (PMI) untuk Regional Canada, USA dan Latin America.

Wanita kelahiran 12 Agustus 1973 ini memulai kisahnya dengan menceritakan tantangan yang dialaminya saat lulus SMA di Palembang. Keluarganya berjuang secara finansial karena ayahnya meninggal saat dia berusia 17 tahun. Mimi menceritakan bagaimana di semester akhir dia banyak membantu para dosen agar bisa mendapatkan dana. Kuliah diselesaikan oleh mantan asisten dosen ini dengan tekun agar bisa mendapatkan nilai yang baik, yang bisa mendukungnya untuk mendapatkan karir yang sukses. Seusai kuliah, Mimi kemudian melamar masuk program . Satu-satunya pelamaran pekerjaan yang pernah dilakukannya, karena hanya lowongan pekerjaan tersebut yang ada saat itu. Dalam proses seleksi Management Trainee PT. HM Sampoerna, dia merasakan bagaimana nilai kuliahnya membantunya membuka pintu masuk ke dalam proses seleksi pekerjaan. Setelah masuk proses, menurutnya diperlukan kemampuan untuk connecting the dots, yaitu kemampuan berpikir analitis dan pengambilan keputusan yang baik. Dengan bekal itu , dia menyisihkan ribuan kompetitor untuk posisi kerja tersebut. Dijabarkan bahwa dari sekitar 3000 sarjana yang mendaftar, hanya diterima 38 orang.

Di Sampoerna, wanita dan orang Indonesia pertama yang menjabat posisi Vice President PMI ini telah malang melintang bekerja di berbagai bagian. Dari bagian warehouse, logistics, procurement, supply chain management, manufacturing, sampai dengan HRD sudah pernah dia singgahi. Mimi memaparkan kunci kesuksesan di dalam pekerjaan, yang terdiri dari Do your best, Sell yourself,dan Connect better. Seorang profesional perlu senantiasa memaksimalkan usaha dan selalu mengerjakan apapun yang dikerjakan dengan sebaik mungkin, do your best. Tips untuk bagian sell yourself ini mengingat-ingat tiga karya terbaik kita di setiap saat untuk bisa dikomunikasikan di setiap momen yang tepat. Connect better adalah mengelola koneksi yang baik dengan semua orang, Mimi mengatakan “Connect with yourself, with your team, with the world”. Menjelang akhir sesi Mimi memberikan wejangan, katanya “Jangan menyerah, jangan sombong. Respek semua orang. Keep doing your best. Saling membantu. Reach out. It’s Okay”.

Baca lebih lanjut>
Pengumuman Pemenang Industrial Competition 2017
30 Okt 2017

Setelah tiga hari yang panjang dan mendebarkan pada tanggal 26 hingga 28 Oktober 2017 silam di Pakuwon Trade Center, akhirnya kami bisa dengan bangga mengumumkan nama-nama dari mereka yang berhasil merebut 3 tempat teratas dan menjadi juara dari Industrial Competition 2017 yang diikuti lebih dari 400 peserta dari lebih dari 50 SMA dari 5 kota di Indonesia.

Posisi ketiga ditempati oleh tim perwakilan dari SMA Taruna Nusa Harapan Mojokerto yang beranggotakan Dicksen A., Billy Ray, Hendrawan Herman, dan Evan Andreas yang mana berhak untuk membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 2 juta Rupiah serta beasiswa Petra sebesar 25%, sedangkan tempat kedua ditempati oleh tim perwakilan dari SMAK Petra 2 Surabaya yang beranggotakan Jonathan Valentine Soegiharto, Alvin Christy Lemuel, Merelyn, serta Michael Rahardja yang membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 3 juta Rupiah dan berhak mendapat beasiswa Petra sebesar 50%. Sementara itu, tim yang beruntung yang berhak membawa pulang status sebagai pemenang dari posisi pertama dengan hadiah uang tunai sebesar 5 juta Rupiah dan beasiswa Petra penuh (100%) adalah tim perwakilan SMA St. Louis 1 Surabaya, yang anggotanya terdiri dari Geoffrey Brian Lion, Steven Aviano Shenelo, Evelyn Gunawan, dan Natashane.

Jika Anda ingin bergabung dalam kompetisi serupa namun terlewatkan, jangan khawatir. Anda bisa klik di sini untuk mengikuti update mengenai kompetisi berikutnya, atau Anda juga bisa follow akun Instagram dari Industrial Competition 2017.

Kami ucapkan selamat bagi masing-masing tim pemenang dari Industrial Competition 2017!

Baca lebih lanjut>
Telah Dibuka Program S1 - International Business Engineering
05 Agu 2016

Program Studi Teknik Industri dengan bangga telah meluncurkan Program International Business Engineering (IBE http://ibe.petra.ac.id)  pada tanggal 8 September 2016. Inisiatif ini muncul untuk menjawab tantangan global yang dinamis dan menyambut gerbang perdagangan global (MEA). Program IBE dirancang untuk menghasilkan sarjana teknik yang memiliki pengetahuan mendalam tentang ke-teknik-an namun juga mempunyai pengetahuan yang luas di bidang bisnis yang sering disebut sebagai T-shaped engineer .

Tiga keunggulan utama:

  • international emphasis
  • analytic and practical emphasis
  • soft skills dan character development.

Dengan demikian, paska-lulus, alumni akan memiliki kompetensi tinggi dalam menyelesaikan problem kompleks, sehingga dapat berkiprah dalam jajaran top eksekutif dan siap beri kontribusi untuk bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Ketua Program International Business Engineering, telpon +62 31 298 3430 atau via email kp-ibe@petra.ac.id. Informasi tentang kurikulum dan lain-lain dapat dilihat di sini.

 

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-5 dari 5 item.