Sejarah

Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Petra (Prodi TI) berdiri pada tanggal 28 April 1992, mulanya bernama Jurusan Teknik Manajemen Industri. Sejak tanggal 30 Maret 1999 nama Teknik Manajemen Industri diubah menjadi Teknik Industri berdasarkan SK DIKTI No. 103/DIKTI/Kep/1999. Prodi TI menyelenggarakan pendidikan teknik industri untuk menjawab kebutuhan tenaga profesional yang memiliki kemampuan teknis dan manajerial di bidang industri. Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Petra telah mendapat Akreditasi tertinggi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan SK BAN-PT No. 2833/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019.

Prodi TI selalu berbenah diri dan senantiasa berusaha memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat melalui memperbarui sistem pembelajaran dan kurikulum agar relevan dengan perluan saat ini dan di masa yang akan mendatang. Komitmen Program Studi untuk terus berbenah diri dibuktikan dengan pencapaian kembali Akreditasi A. 

Selain itu, untuk meningkatkan pengakuan masyarakat internasional terhadap lulusan, Prodi telah berhasil meraih akreditasi  IABEE (Provisional Accreditation). Akreditasi internasional ini menekankan pada implementasi pendidikan berbasis capaian pembelajaran (outcome based education) dan tidak hanya berbasis masukan (input based education). Dengan demikian, mahasiswa diharapkan akan memiliki daya saing dan kualitas internasional.