Sejarah

Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Petra (Prodi TI) berdiri pada tanggal 28 April 1992, mulanya bernama Jurusan Teknik Manajemen Industri. Sejak tanggal 30 Maret 1999 nama Teknik Manajemen Industri diubah menjadi Teknik Industri berdasarkan SK DIKTI No. 103/DIKTI/Kep/1999. Prodi TI menyelenggarakan pendidikan teknik industri untuk menjawab kebutuhan tenaga profesional yang memiliki kemampuan teknis dan manajerial di bidang industri.

Sejak berdiri tahun 1992, Prodi TI terus mengupayakan kualitas lulusan yang excellence secara academic, emotional, dan spiritual, melalui perbaikan mutu proses pembelajaran secara terus menerus. Hal inilah yang membuat Prodi TI UK selama beberapa periode berturut-turut memperoleh Akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), di mana yang terakhir diperoleh tahun 2019 berdasarkan SK BAN-PT No. 2833/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019.

Selain itu, untuk meningkatkan pengakuan masyarakat internasional terhadap lulusan, Prodi TI telah berhasil meraih akreditasi internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) pada tahun 2019. Akreditasi internasional ini menekankan pada implementasi pendidikan berbasis capaian pembelajaran (outcome based education). Dengan adanya akreditasi internasional ini, kurikulum Prodi TI diakui secara internasional, sehingga semakin membuka peluang lulusan untuk bekerja di luar negeri maupun yang berencana studi lanjut di luar negeri.