Acara

13
Nov
2019
Studi Ekskursi Mahasiswa

Kunjungan industri atau yang sering kita sebut dengan Studi Ekskursi merupakan sebuah kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Mahasiswa Prodi Teknik Industri. Kunjungan industri merupakan salah satu sarana pembelajaran eksternal bagi para mahasiswa untuk lebih membuka wawasan terhadap realita dunia industri saat ini. 

Pada semester ganjil 2019/2020 ini, Mahasiswa Teknik Industri semester 1, didampingi dengan 2 dosen, yaitu Pak Jani Rahardjo dan Pak I Gede Agus mendapat kesempatan untuk mengunjungi Perusahaan Coca-cola Amatil Indonesia dan Sampoerna dalam kaitannya dengan Mata Kuliah Pengantar Teknik Industri. Mahasiswa melakukan pengamatan langsung untuk kegiatan-kegiatan yang ada dalam proses produksi kedua industri tersebut. Sedangkan Mahasiswa Teknik Industri semester 3 bersama dengan Bu Karina mendapat kesempatan untuk mengunjungi Perusahaan Yakult dalam kaitannya dengan Mata Kuliah Otomasi. Perusahaan Yakult merupakan salah satu perusahaan yang telah menerapkan sistem otomasi yang terintegrasi pada sebagian besar proses manufakturnya. Meskipun demikian, tenaga kerja manusia masih diperlukan untuk melakukan kontrol kualitas produk dan operasi kerja lainnya.

 

Tidak ketinggalan pula, mahasiswa tingkat atas yang mengambil Mata Kuliah Pilihan "Manajemen Risiko" melakukan studi ekskursi ke Pemadam Kebakaran Surabaya bersama dengan Pak Kresnayahya dan Pak I Nyoman Sutapa.

Kiranya melalui kegiatan Studi Ekskursi bisa membuka wawasan mahasiswa lebih luas lagi serta mendorong mahasiswa untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran yang lebih inovatif dalam rangka peningkatan efektifitas industri di Indonesia.

 

MAJU TERUS MAHASISWA Teknik Industri....

Tuhan Memberkati

 

 

 

Baca lebih lanjut >
24
Okt
2019
Industrial Competition 2019

Industrial Competition (IC) merupakan salah satu acara tahunan yang dilaksanakan untuk memfasilitasi siswa-siswi SMA yang memiliki keinginan untuk mengetahui lebih lanjut lagi Program Studi Teknik Industri yang ada di Universitas Kristen Petra ini. Setiap tahun IC dilaksanakan dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. IC 2019 mengangkat tema “ Millennials in Era of Digital Transformation ”. Tema ini diambil agar generasi millennial dapat mengetahui secara lebih dalam mengenai dunia industri khususnya mengenai transformasi digital. Di zaman yang serba modern ini generasi millenial perlu untuk lebih peduli dan mengikuti perkembangan zaman yang ada agar kita bisa bertahan dari dunia yang semakin ketat ini.

Bentuk lomba yang digunakan dalam IC berupa games, simulasi, dan studi kasus, sehingga siswa-siswi SMA bisa belajar sambil bermain. Games, simulasi, dan studi kasus yang diberikan juga tentunya sangat menarik dan tidak membosankan karena sudah disesuaikan dengan kemampuan dan minat peserta. Lomba ini tidak hanya bagi siswa-siswi yang tertarik di bidang industri saja, karena tema yang diangkat adalah masalah yang general, sehingga pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan setelah mengikuti lomba ini bisa digunakan di semua jurusan yang ingin dimasuki oleh siswa-siswi kedepannya.

Baca lebih lanjut >
24
Mei
2019
EPIC (Engineers Problem-Solving and Innovation Competition)

EPIC 2019 merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dan berinovasi. Ini merupakan faktor penting yang perlu dimiliki dalam berkecimpung di bidang industri. EPIC direncanakan untuk dilaksanakan secara berkala sebagai program tetap Teknik Industri UKP dalam skala nasional. Untuk tahun ini, EPIC akan diadakan tanggal 24-25 Mei 2019.

EPIC akan diadakan dalam kurun waktu 2 hari berturut-turut dan terdiri dari 2 tahapan: Eliminasi dan babak final (studi kasus dan presentasi). Masing-masing tim terdiri dari 3 orang mahasiswa fakultas teknik dari universitas yang sama. Ayo teman-teman, ikuti kompetisi ini dan uji kemampuanmu.

Info lebih lanjut akan segera di-update kembali.

 

Contact person:

  • Davin 
  • Desi
Baca lebih lanjut >
18
Mei
2019
DIES NATALIS & REUNI ALUMNI

Sejak Prodi Teknik Industri didirikan tahun 1992, Tuhan tiasa memberkati Prodi dengan segala kelimpahan dan kasih karunia-Nya.Tahun ini Prodi telah menempuh perjalanannya selama 27 tahun. Sebagai ucapan syukur, Prodi TI bekerja sama dengan HIMA TITRA akan merayakan Dies Natalis dan temu alumni yang pastinya dalam acara ini akan menyajikan berbagai acara seru ditambah door prize yang menarik.

Acara yang terbuka untuk UMUM ini akan diselenggarakan pada tanggal 18 Mei 2019 di Hotel Santika, Pk. 17.00 - selesai. 

 

Info lebih lanjut akan segera di-update kembali.

Baca lebih lanjut >
01
Nov
2018
Industrial Competition 2018

Industrial Competition (IC) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh program studi teknik industri guna memperkenalkan program studi teknik industri Universitas Kristen Petra kepada siswa-siswi SMA. IC 2018 mengambil tema “Industri 4.0”. Generasi muda memiliki peranan penting dalam penerapan Industri 4.0 karena generasi muda yang akan melanjutkan sektor-sektor industri di masa yang akan datang.

Melalui games, simulation, dan case study yang dikemas dalam IC 2018 diharapkan menjadi jembatan penghubung bagi siswa-siswi SMA dalam mengenali dunia perindustrian, khususnya industri 4.0.

Ayo majukan Indonesia melalui revolusi industri 4.0!

Untuk keterangan lebih lanjut dan pendaftaran online dapat dilihat di ic.petra.ac.id.

Baca lebih lanjut >
04
Mei
2018
Innovation Talk 2018

Innovation Talk, kegiatan talkshow yang diadakan oleh Program Studi Teknik Industri pada hari Jumat, 4 Mei 2018 ini, merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut Dies Natalis Teknik Industri ke-26. Dr. Markus Waechter (Managing Director of TUM Asia) dan Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc (Enciety Business Consult) menjadi narasumber, serta Bapak I Gede Agus Widyadana, Ph.D menjadi moderator dalam kegiatan ini. Kegiatan talkshow kali ini dihadiri oleh 128 mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Kristen Petra, peserta dari berbagai perusahaan, serta alumni Teknik Industri.

Topik yang disajikan dalam Innovation Talk mengenai revolusi terbaru di dunia industri, yakni Industrie 4.0, khususnya dalam melihat dan memanfaatkan berbagai peluang dan tantangan yang akan dihadapi di Industrie 4.0. Dr. Markus Waechter menjelaskan bahwa Industri 4.0 erat kaitanya dengan istilah Internet of things (IOT), berbagai pengaplikasian dan tantangan yang akan dihadapi dalam era Industri 4.0. Melanjutkan pembahasan tersebut, Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc menjelaskan tentang keadaan riil industri di Indonesia saat ini dan pentingnya peranan big data untuk menunjang revolusi industri di Indonesia. Inovasi-inovasi baru juga diperlukan untuk menjadi terobosan yang dapat membangkitkan kondisi industri yang ada saat ini. Beliau mendorong setiap peserta untuk berpikir “out of the box”, tetapi “without the box”.

Baca lebih lanjut >
Menampilkan 1-6 dari 6 item.