Kurikulum

Buku Pedoman Akademik Teknik Industri dapat di download disini

 

KURIKULUM OBE-LEAP (OUTCOME BASED EDUCATION-LEADERSHIP ENHANCEMENT PROGRAM) TEKNIK INDUSTRI

Kurikulum OBE-LEAP adalah kurikulum yang dirancang dan ditetapkan UK Petra dalam rangka menindaklanjuti perubahan yang terjadi di masyarakat, di antaranya Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Industry 4.0, Society 5.0, mahasiswa Gen Z, instrumen Akreditasi Program Studi 4.0, peningkatan akreditasi menuju Akreditasi Internasional serta kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

OBE adalah Outcome Based Education atau pendidikan berbasis capaian pembelajaran yang dikombinasikan dengan LEAP yang merupakan singkatan dari Leadership Enhancement Program.

 

Leadership Enhancement Program.

LEAP merupakan serangkaian kegiatan terpadu bagi mahasiswa untuk menerapkan kepemimpinan Kristen (Servant Leadership), keilmuan, dan keterampilannya di berbagai lingkungan kerja (industri, bisnis, pendidikan, pelayanan, riset, dll) yang dilaksanakan baik di dalam maupun luar negeri. LEAP didesain agar mahasiswa mendapatkan kesempatan experience learning yang dilakukan di luar prodi maupun di luar kampus. Konsep LEAP ini dimunculkan dalam kurikulum baru sebagai bentuk perwujudan dari Kebijakan Merdeka Belajar yang dikeluarkan oleh Kemendikbud.

Program LEAP disediakan Prodi mulai semester 5 dan mahasiswa wajib mengambil minimal satu jalur LEAP dari empat pilihan jalur yang disediakan, yaitu:

  1. Industrial Experience
  2. Research & Innovation
  3. Global Exposure
  4. Community Engagement

 

Melalui kurikulum OBE-LEAP ini, mahasiswa juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan kelulusan dengan keahlian "MINOR" tertentu, baik “MINOR” di bidang Teknik Industri (TI) ataupun di luar bidang Teknik Industri (non-TI).

Minor Bidang TI:

  • E-Logistics
  • Business Intelligence
  • Business Development 

Minor Bidang non-TI:

  • Web-based Mobile Application
  • Digital Marketing
  • Strategic Social Media
  • Film Production

  

Pengambilan beban studi

Pengambilan beban studi minimal 12 SKS (kecuali untuk mahasiswa yang mengambil Tugas Akhir), maksimal 20 sks per semester bagi mahasiswa dengan IPS  3.00, dan maksimal 24 SKS per semester bagi mahasiswa dengan IPS > 3.00.

Beban studi untuk semester I dan II (mahasiswa baru) ditetapkan sesuai dengan mata kuliah yang tercantum dalam kurikulum, sedangkan pengambilan mata kuliah untuk semester berikutnya diserahkan kepada mahasiswa dengan memperhatikan prasyarat dan ketentuan yang berlaku. Demi keberhasilan studi, mahasiswa disarankan untuk berkonsultasi dengan dosen wali.

 

Pengambilan mata kuliah/praktikum

Setiap mata kuliah yang ditawarkan dapat diambil dengan memperhatikan prasyarat yang ditentukan. Khusus untuk kegiatan praktikum, mahasiswa juga harus mendaftarkan diri di Laboratorium yang bersesuaian. Ketentuan pelaksanaan praktikum ditentukan oleh kepala laboratorium (Kalab) masing-masing.

 

Mata kuliah Service-Learning

Setiap mahasiswa wajib mengambil paling sedikit satu mata kuliah dengan metode pembelajaran service-learning, sebagai salah satu persyaratan yudisium. Service-Learning yaitu metode pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan pembelajaran di mata kuliah dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jadi projek mata kuliah tersebut diaplikasikan dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu mata kuliah service-learning di tingkat universitas adalah Community Outreach Program (COP). Selain COP, prodi akan membuka mata kuliah yang menggunakan metode service-learning pada setiap semester.

 

Evaluasi kemampuan mahasiswa

Evaluasi kemampuan mahasiswa dilakukan untuk menilai sejauh mana mahasiswa telah mencapai tujuan-tujuan mata kuliah yang dirumuskan dalam kurikulum. Evaluasi dapat dilakukan dalam bentuk tes, tugas atau ujian yang terjadwal untuk setiap mata kuliah yang diambil pada semester tersebut. Ujian terjadwal meliputi Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

Persentase penilaian tes/tugas/praktikum/ujian ditentukan oleh dosen mata kuliah masing-masing dan diinformasikan kepada mahasiswa pada awal kuliah. Nilai akhir hasil evaluasi diberikan dalam bentuk huruf dengan konversi sebagai berikut:

 

Penguasaan (%)

Nilai huruf

Nilai numerik

Keterangan

86 – 100

A

4,0

Istimewa

76 – 85

B+

3,5

Baik sekali

69 – 75

B

3,0

Baik

61 – 68

C+

2,5

Cukup baik

56 – 60

C

2,0

Cukup

41 – 55

D

1,0

Kurang

0 – 40

E

0

Buruk

 

 Evaluasi keberhasilan studi mahasiswa

Selama menempuh studi di Prodi TI, setiap mahasiswa akan dievaluasi keberhasilan studinya. Pada dasarnya evaluasi ini dilakukan untuk kebaikan mahasiswa, yaitu membantu mahasiswa mengetahui kesesuaian minat dan bakatnya dengan pembelajaran yang ditempuh. Jika telah terdapat kesesuaian minat dan bakat, maka ketentuan/persyaratan evaluasi keberhasilan studi yang berlaku tidak susah dipenuhi. Evaluasi ini dilaksanakan tiap akhir semester dan tiap akhir tahap pendidikan.

Evaluasi tiap semester

Apabila mahasiswa memperoleh IPS ≤ 1,5 maka mahasiswa mendapat peringatan; surat peringatan akan dilayangkan ke alamat surat-menyurat. Apabila dalam 3 (tiga) semester berturut-turut mahasiswa memperoleh IPS ≤ 1,5, maka mahasiswa tersebut tidak diperkenankan melanjutkan studi.

Evaluasi tahapan

Evaluasi Tahapan dilakukan tiap akhir tahap pendidikan. Ketentuan evaluasi tahapan adalah sebagai berikut:

 

Ketentuan

Persiapan

Madya

Akhir

Beban studi minimum yang sudah diselesaikan

36 sks

90 sks

144 sks

IPK minimal

2,00

2,00

2,00

Nilai D maksimal

6 sks

10 sks

14 sks

Masa studi maksimal

4 smstr

8 smstr

14 smstr

  

Yudisium

Mahasiswa dinyatakan lulus setelah memenuhi persyaratan yudisium di tingkat prodi dan universitas. Ketentuan yudisium yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Telah menyelesaikan (lulus) semua mata kuliah sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Total SKS bernilai nilai D yang diijinkan maksimal 14 SKS
  3. Telah menyelesaikan salah satu jalur LEAP
  4. Telah mengambil minimal satu MK berbasis service-learning
  5. Nilai English Proficiency Test (EPT) sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  6. Nilai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) ³ 55,5

 

ALUR MATA KULIAH

Klik untuk melihat

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
Data mata kuliah tidak ditemukan