Calon Mahasiswa

Prodi menyusun sistem perkuliahan yang aplikatif dan berorientasi pada kebutuhan industri dan dunia kerja. Berbagai inovasi metode pengajaran dilakukan dengan tujuan memberikan yang terbaik bagi mahasiswa. Dosen tamu baik akademisi maupun praktisi secara bergantian membagikan pengalaman dan pengetahuan yang relevan dan terkini. Komitmen dari Prodi adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teknik industri, leadership, communication dan teamwork yang akan mendukung mereka ketika terjun di masyarakat. Hal ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan yang terarah untuk membangun karakter mahasiswa antara lain melalui program Character Development. Disamping itu, kurikulum dirancang agar mahasiswa mampu mengintegrasikan berbagai bidang ilmu, serta mampu mengaplikasikannya dalam dunia industri. Kegiatan-kegiatan lain seperti seminar ilmiah, kegiatan kemahasiswaan, camp mahasiswa, dan pembekalan sebelum lulus diharapkan dapat mendorong terciptanya semangat, integritas, daya juang, nilai-nilai luhur dan dedikasi tinggi dari para lulusan.

Character Development

Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Petra tidak hanya membekali mahasiswa dengan hard skill, namun juga pengembangan soft skill mahasiswa melalui program Character Development. Lulusan Prodi diharapkan memiliki karakter dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi sarjana yang berintegritas dan peduli terhadap masyarakat sekitar.

Program Character Development wajib bagi mahasiswa, dan diselenggarakan secara berkesinambungan sepanjang masa kuliah empat tahun. Program ini membantu mahasiswa mengembangkan leadership, communication skill, team work, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Camp Program Studi

Camp Prodi merupakan bagian dari Welcome Grateful Generation yang bertujuan mengenalkan kehidupan kampus dan mempersiapkan mahasiswa baru memasuki masa perkuliahan. Camp Prodi juga menjadi sarana bagi mahasiswa baru untuk lebih mengerti tentang Program Studi, lebih dekat dengan teman-teman seangkatan dan angkatan senior, dan tentunya dikemas dalam rangkaian acara yang seru!

Studi Ekskursi

Mahasiswa Jurusan Teknik Industri dilengkapi dengan penerapan ilmu yang diperoleh di kelas dengan melihat dan belajar secara langsung kegiatan industri manufaktur dan jasa. Melalui studi ekskursi (SE), siswa diharapkan dapat mengetahui lingkungan industri secara lebih dekat, sehingga membantu mereka untuk memahami pengetahuan dalam perkuliahan.

Ada dua macam studi ekskursi dalam hal tujuan; lokal dan luar negeri. Kunjungan lokal diwajibkan dan disematkan di beberapa kelas, sementara kunjungan ke luar negeri bersifat opsional namun sangat disarankan. Melalui kunjungan luar negeri siswa akan memiliki perspektif global dan pengalaman budaya industri yang berbeda.

Seminar ilmiah untuk industri dan mahasiswa digelar secara reguler setiap tahun. Tema yang diangkat disesuaikan dengan kebutuhan dan mengikuti perkembangan keilmuan yang ada. 

Pembicara yang diundang merupakan pakar-pakar di bidangnya dan selalu diusahakan berasal dari dua sisi, praktisi dan akademisi. Tidak jarang pembicaranya ilmuwan atau praktisi dari mancanegara.

Selalu mengembangkan diri dan melakukan perbaikan secara terus menerus merupakan hal yang mendasari kegiatan seminar ini.