kurikulum

Buku Pedoman Akademik Teknik Industri dapat di download disini

Pengambilan Beban Studi

Pengambilan beban studi minimal 12 sks (kecuali untuk mahasiswa yang mengambil Tugas Akhir), dan maksimal 24 sks per semester. Pengambilan di bawah dan di atas ketentuan tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari Ketua Program Studi. Pengambilan beban studi sebaiknya mempertimbangkan indeks prestasi semester (IPS), yang merupakan evaluasi kemampuan tiap semester.

Beban studi untuk semester I (mahasiswa baru) ditetapkan sesuai dengan mata kuliah yang tercantum dalam kurikulum, sedangkan pengambilan mata kuliah untuk semester berikutnya diserahkan kepada mahasiswa dengan memperhatikan prasyarat dan ketentuan yang berlaku. Demi keberhasilan studi, mahasiswa disarankan untuk berkonsultasi dengan dosen wali.


Pengambilan Matakuliah/Praktikum

Setiap mata kuliah yang ditawarkan dapat diambil dengan memperhatikan prasyarat yang ditentukan. Khusus untuk kegiatan praktikum, mahasiswa juga harus mendaftarkan diri di Laboratorium yang bersesuaian. Ketentuan pelaksanaan praktikum ditentukan oleh Kepala Laboratorium (Kalab) masing-masing.


Evaluasi Kemampuan Mahasiswa

Evaluasi kemampuan mahasiswa dilakukan untuk menilai sejauh mana mahasiswa telah mencapai tujuan-tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum. Evaluasi dapat dilakukan dalam bentuk tes, tugas, atau ujian yang terjadwal untuk setiap mata kuliah yang diambil pada semester tersebut. Ujian terjadwal meliputi Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

Persentase penilaian tes/tugas/ujian ditentukan oleh dosen mata kuliah masing-masing dan diinformasikan kepada mahasiswa pada awal kuliah. Nilai akhir hasil evaluasi diberikan dalam bentuk huruf dengan konversi sebagai berikut:

Persentase penguasaan (%)

Nilai huruf

Nilai numerik

Keterangan

86 - 100

A

4

Istimewa

76 - 85

  B+

3.5

Baik sekali

69 - 75

B

3

Baik

61 - 68

  C+

2.5

Cukup baik

56 - 60

C

2

Cukup

41 - 55

D

1

Kurang

0 - 40

E

0

Buruk

 

Evaluasi Keberhasilan Studi Mahasiswa

Evaluasi keberhasilan studi mahasiswa dinyatakan dalam Indeks Prestasi (IP), terdiri dari Indeks Prestasi Semester (IPS) yaitu evaluasi untuk seluruh mata kuliah yang diambil dalam satu semester dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yaitu evaluasi untuk seluruh mata kuliah yang pernah diambil sampai semester berjalan.

Selama menempuh studi di Prodi TI, setiap mahasiswa akan dievaluasi keberhasilan studinya. Pada dasarnya evaluasi ini dilakukan untuk kebaikan mahasiswa, yaitu membantu mahasiswa mengetahui kesesuaian minat dan bakatnya dengan pembelajaran yang ditempuh. Jika telah terdapat kesesuaian minat dan bakat, ketentuan/persyaratan evaluasi keberhasilan studi yang berlaku tidak berat dan tidak memberatkan mahasiswa. Evaluasi ini dilaksanakan tiap akhir semester dan tiap akhir tahap pendidikan.

 a.   Evaluasi Tiap Semester

Apabila mahasiswa memperoleh IPS ≤ 1,5 maka mahasiswa mendapat Peringatan; surat peringatan akan dilayangkan ke alamat surat-menyurat. Apabila dalam 3 (tiga) semester berturut-turut mahasiswa memperoleh IPS ≤ 1,5, maka mahasiswa tidak diperkenankan melanjutkan studi. 

b.   Evaluasi Tahapan

Evaluasi Tahapan dilakukan tiap akhir tahap pendidikan. Ketentuan evaluasi tahapan adalah sebagai berikut:

Ketentuan

Tahap Persiapan

Tahap Madya

Tahap Akhir

Beban studi minimum yang sudah diselesaikan

36 sks

90 sks

144 sks

IPK minimal

2,00

2,00

2,00

Nilai D maksimal

6 sks

10 sks

14 sks

Masa studi maksimal

4 smstr

8 smstr

14 smstr

 

ALUR MATA KULIAH

klik untuk melihat

mata kuliah

Mata kuliah dasar
Semua mata kuliah
Mata kuliah dasar